KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat
menyelesaikan proposal kewirausahaan dengan tepat waktu.
Proposal kegiatan usaha ini disusun
guna memenuhi Ujian Praktek Kewirausahaan. Disamping itu proposal ini
dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaannya.
Kami menyadari masih ada kekurangan
dalam penyajian proposal kegiatan usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran
yang membangun untuk kesempurnaan proposal serta usaha yang dijalankan.
Semoga proposal kegiatan usaha ini
bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR :.......................................................... Page i
DAFTAR ISI :.......................................................... Page ii
BAB I :.......................................................... Page 1
A.
LATAR BELAKANG
USAHA
B.
JENIS USAHA
BAB II :.......................................................... Page 1
A.
SEGMENTASI PASAR
B.
PERMINTAAN
C.
PESAING
D.
PELUANG
BAB III :........................................................... Page 2
A.
LOKASI
B.
TEKNIS
BAB IV :............................................................ Page 2
A.
VISI
B.
MISI
BAB V :............................................................. Page 2
A.
TUJUAN
B.
FAKTOR DAN KUNCI
KEBERHASILAN
C.
LOKASI USAHA
D.
STRUKTUR
ORGANISASI
E.
ANALISIS SWOT
F.
KEUANGAN
G.
PRODUKSI
H.
PEMASARAN
BAB VI :............................................................. Page 6
A.
PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG USAHA
Kita hidup di zaman modern, dimana semua peralatan
elektronik meningkat dengan sangat pesat. Permintaan konsumen akan barang
elektronik semakin tinggi, terutama dibidang penerangan. Di usahaini
mengedepankan pada lampu hiasan atau lampu variasi pada kendaraan bermotor dan
dekorasi rumah/taman.
B. JENIS USAHA
Usaha yang di kelola yaitu usah/jasa pembuatan lampu variasi pada kendaraan
bermotor dan dekorasi rumah/taman.
BAB II
PEMASARAN
A. SEGMENTASI PASAR
Yang dimaksud dengan produk lampu variasi
adalah lampu variasi yang dapat di gunakan untuk hiasan kendaraan dan hiasan
dekorasi rumah/taman.
B. PERMINTAAN
Dengan menggunakan analisa pendekatan data atas produk, kebutuhan akan
hiasan yang dapat membuat kenyamana kendaraan dan rumah konsumen membuat produk
ini banyak diminati konsumen.
Pada lokasi usaha yang kami akan bangun belum ada yang membuka usaha
tersebut, sehingga market share (bagian pasar) merupakan milik kami semua.
D. PELUANG
Atas dasar ilustrasi sebelumnya
maka dapat saya proyeksikan permintaan omset penjualan. Untuk tahap awal
diperkirakan penjualan belum mencapai rata-rata permintaan pasar, karena belum
dikenal masyarakat.
BAB III
LOKASI DAN TEKNISI
A. LOKASI
Lokasi usaha terletak pada akses
masuk ke beberapa perumahan. Lokasi tersebut cukup strategis yang terletak pas
didepan komplek atau perumahan yang cukup besar.
B. TEKNIS
produk ini dikemas dalam bentuk paket lengkap dengan harga paket bervariasi
sesuai isi kemasan paket tersebut. Produk bisa di pesan sesuai keinginan
konsumen.
BAB IV
VISI DAN MISI
A. VISI
Mampu bersaing di dunia bisnis dan
menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.
B. MISI
Membuat produk yang berkwalitas dan
bermanfaat bagi konsumen agar konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk
kami dan mendapat kepercayaan dari konsumen. Lebih menguasai bidang bisnis
serta dapat mengembangkan usaha ini.
BAB V
ASPEK PRODUKSI
A. TUJUAN
Melalui hal ini saya berusaha untuk:
1.
Belajar dan mencari pengalaman berwirausaha
2. Berperan sebagai pencipta
lapangan pekerjaan
3. Memenuhi kebutuhan
masyarakat
4. Menanggulangi
pengangguran sejak dini
B. FAKTOR DAN KUNCI KEBERHASILAN
1. Mengedepankan kwalitas produksi
2. Harga terjangkau
3. Pemasaran luas
4. Menerima permintaan pelanggan yang diminta pelanggan
C. LOKASI USAHA
Pemilihan lokasi usaha memang
sangat penting terhadap kelangsungan dan perkembangan usaha itu sendiri, untuk
itu dalam pemilihan dan penentuan usaha perlu berhati-hati dan harus
disesuaikan dengan usaha yang dijalankan berjalan lancar dan kelangsungan usaha
terjamin.
D. STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi yaitu suatu bagan
yang disusun untuk mempermudah dan mengetahui gambar secara sistematis mengenai
hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka untuk
mencapai suatu tujuan.
Dalam suatu struktur organisasi
nantinya kita akan mengetahui sistem manajemen dari organisasi tersebut
kemudian dengan struktur organisasi itu akan lebih mudah melakukan koordinasi
dan mengetahui tugas masing-masing.
Kewajiban dan tanggungjawab setiap
bagian:
-
Pemimpin usaha
Bertanggungjawab penuh atas segala sesuatu yang terjadi dan berlangsung
dalam proses usaha.
-
Administrasi
Mengurusi masalah keluar masuknya uang
-
Tenaga kerja
Mengerjakan semua
proses produksi
Memasarkan barang
dagangan
Mematuhi peraturan
dari pimpinan
Mengerjakan proses
memasak makanan usaha
E. ANALISIS SWOT
a. Strength (Keunggulan)
1. Produk mudah dipasarkan
2. Harga terjangkau
b. Weakness (Kelemahan)
Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat dan bisa dalam bidang
elektronika.
c. Opprtunity (Peluang)
Produk yang di jual berkualitas tinggi dan harga terjangkau.
d. Treatment (Ancaman)
Adanya pesaing yang membuat lampu variasi lain dangan harga setara.
F. KEUANGAN
Keuangan merupakan rincian dari
biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal
(investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi, cashflow
(1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah rinciannya:
a. Sumber Modal Investasi
Pada tahap pertama menekankan
penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien. Dalam udaha ini sumber
modal saya peroleh dari tabungan sendiri, sebagai berikut:
Uraian
|
Jumlah
|
Modal sendiri
|
Rp. 500.000
|
Modal pembuatan produk
|
Rp. 10.000
|
Kemasan
|
Rp. 55.000
|
Papan PCB
|
Rp. 3.500
|
Timah solder
|
Rp. 5.000
|
LED
|
Rp. 30.000
|
Komponen
|
Rp. 20.000
|
b. Rencana Penjualan
Mengingat keterbatasan dana maka rencana penjualan usaha dalam 1 bulan
pertama direncanakan sebagai berikut:
Produksi :
No
|
Uraian
|
Jumlah
Produksi (Unit)
|
Harga Satuan
(Rp)
|
Jumlah Produksi (Rp)
|
1
|
Minggu 1
|
10
|
Rp. 45.000
|
Rp. 450.000
|
2
|
Minggu 2
|
20
|
Rp. 45.000
|
Rp. 900.000
|
3
|
Minggu 3
|
30
|
Rp. 45.000
|
Rp. 1.350.000
|
4
|
Minggu 4
|
40
|
Rp. 45.000
|
Rp. 1.800.000
|
Jumlah
|
100
|
Rp. 45.000
|
Rp. 4.500.000
|
Penjualan
No
|
Uraian
|
Jumlah
Produksi (Unit)
|
Harga Jual
(Rp)
|
Jumlah Penjualan (Rp)
|
Laba (Rp)
|
1
|
Minggu 1
|
10
|
Rp. 55.000
|
Rp. 550.000
|
Rp. 100.000
|
2
|
Minggu 2
|
20
|
Rp. 55.000
|
Rp. 1.100.000
|
Rp. 200.000
|
3
|
Minggu 3
|
30
|
Rp. 55.000
|
Rp. 1.650.000
|
Rp. 300.000
|
4
|
Minggu 4
|
40
|
Rp. 55.000
|
Rp. 2.200.000
|
Rp. 400.000
|
Total
|
100
|
Rp. 55.000
|
Rp. 5.500.000
|
Rp. 1.000.000
|
c. Diperhitungkan Rugi – Laba
Uraian
|
Per bulan
|
Harga Pokok
|
Rp. 4.500.000
|
Penjualan
|
Rp. 5.500.000
|
Laba
|
Rp. 1.000.000
|
G. PRODUKSI
Produksi adalah kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau
faedah baru.
A. Jenis Produksi
Usaha yang kami jalankan ini berupa pembuatan distribusi dan penjualan “LAMPU
VARIASI”.
B. Biaya Produksi
Pengeluaran
biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai berikut :
Biaya bahan baku lampu variasi
: Rp. 35.000,-
Biaya pembuatan produk /tenaga kerja
: Rp. 10.000,-
Biaya kemasan
: Rp. 10.000,- +
Jumlah
biaya
: Rp. 55.000,-
H. PEMASARAN
Dalam pemasaran
produk menerapkan strategi yaitu “PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan DISTRIBUTION”
a. Produk
Didalam upaya memperlancar
pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk
yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri.
Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan
tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.
b. Price (Harga)
Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan
atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta
lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
c. Promosi
Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut.
Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi
juga dapat dilakukan dengan penitipan di toko-toko, dan iklan.
d. Distribusi
Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan.
Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :
1.
Distribusi secara langsung
2.
Distribusi secara tidak langsung
Mengenai hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada
konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh
masyarakat luas.
BAB VI
PENUTUP
Dan fakta yang ada
saat ini, berdasarkan perencanaan yang kami buat ini, kami menyimpulkan bahwa
banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan.
Dengan semua
perencanaan dan usaha tersebut, kami memperkirakan akan memperoleh keberhasilan
dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan
proposal ini.
Usaha saya bergerak
dalam bidang produksi LAMPU VARIASI tetap berusaha untuk mengedepankan
pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha kami yang mulai dibentuk pada
bulan Januari 2014.
Dalam pembuatan
sampai penjualan LAMPU VARIASI yang merupakan produksi warga yang beralamat di
Kabupaten Dharmasraya. Usaha yang kami jalankan merupakan usaha kecil yang
mendapat modal dari kami bersama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar