Selamat Datang Sobat Di Blog MeRaIH MiMpI

Sabtu, 15 Maret 2014

Contoh Proposal Usaha



KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas petunjuk dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan dengan tepat waktu.
Proposal kegiatan usaha ini disusun guna memenuhi Ujian Praktek Kewirausahaan. Disamping itu proposal ini dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaannya.
Kami menyadari masih ada kekurangan dalam penyajian proposal kegiatan usaha ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan proposal serta usaha yang dijalankan.
Semoga proposal kegiatan usaha ini bermanfaat bagi pengembangan kemampuan kewirausahaan.




                                                                                   
















DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR :..........................................................             Page i
DAFTAR ISI                           :..........................................................             Page ii
BAB I                                      :..........................................................             Page 1
A.     LATAR BELAKANG USAHA
B.     JENIS USAHA
BAB II                                     :..........................................................             Page 1
A.     SEGMENTASI PASAR
B.     PERMINTAAN
C.     PESAING
D.     PELUANG
BAB III                                    :...........................................................            Page 2
A.     LOKASI
B.     TEKNIS
BAB IV                                   :............................................................           Page 2
A.     VISI
B.     MISI
BAB V                                     :.............................................................          Page 2
A.     TUJUAN
B.     FAKTOR DAN KUNCI KEBERHASILAN
C.     LOKASI USAHA
D.     STRUKTUR ORGANISASI
E.      ANALISIS SWOT
F.      KEUANGAN
G.     PRODUKSI
H.     PEMASARAN
BAB VI                                   :.............................................................          Page 6
A.     PENUTUP








BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG USAHA
            Kita hidup di zaman modern, dimana semua peralatan elektronik meningkat dengan sangat pesat. Permintaan konsumen akan barang elektronik semakin tinggi, terutama dibidang penerangan. Di usahaini mengedepankan pada lampu hiasan atau lampu variasi pada kendaraan bermotor dan dekorasi rumah/taman.

B.     JENIS USAHA
Usaha yang di kelola yaitu usah/jasa pembuatan lampu variasi pada kendaraan
bermotor dan dekorasi rumah/taman.



BAB II
PEMASARAN

A.       SEGMENTASI PASAR
    Yang dimaksud dengan produk lampu variasi adalah lampu variasi yang dapat di gunakan untuk hiasan kendaraan dan hiasan dekorasi rumah/taman.
B.       PERMINTAAN
Dengan menggunakan analisa pendekatan data atas produk, kebutuhan akan hiasan yang dapat membuat kenyamana kendaraan dan rumah konsumen membuat produk ini banyak diminati konsumen.
C.       PESAING
Pada lokasi usaha yang kami akan bangun belum ada yang membuka usaha tersebut, sehingga market share  (bagian pasar) merupakan milik kami semua.
D.       PELUANG
    Atas dasar ilustrasi sebelumnya maka dapat saya proyeksikan permintaan omset penjualan. Untuk tahap awal diperkirakan penjualan belum mencapai rata-rata permintaan pasar, karena belum dikenal masyarakat.















BAB III
LOKASI DAN TEKNISI
A.       LOKASI
Lokasi usaha terletak pada akses masuk ke beberapa perumahan. Lokasi tersebut cukup strategis yang terletak pas didepan komplek atau perumahan yang cukup besar.
B.       TEKNIS
produk ini dikemas dalam bentuk paket lengkap dengan harga paket bervariasi sesuai isi kemasan paket tersebut. Produk bisa di pesan sesuai keinginan konsumen.


BAB IV
VISI DAN MISI

A.     VISI
Mampu bersaing di dunia bisnis dan menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi wirausahawan sukses.

B.     MISI
Membuat produk yang berkwalitas dan bermanfaat bagi konsumen agar konsumen mendapatkan kepuasan terhadap produk kami dan mendapat kepercayaan dari konsumen. Lebih menguasai bidang bisnis serta dapat mengembangkan usaha ini.

BAB V
ASPEK PRODUKSI


A.     TUJUAN
Melalui hal ini saya berusaha untuk:
             1. Belajar dan mencari pengalaman berwirausaha
                   2. Berperan sebagai pencipta lapangan pekerjaan
                   3.  Memenuhi kebutuhan masyarakat
                   4.  Menanggulangi pengangguran sejak dini

B.     FAKTOR DAN KUNCI KEBERHASILAN
                   1.       Mengedepankan kwalitas produksi
                   2.       Harga terjangkau
                   3.       Pemasaran luas
                   4.       Menerima permintaan pelanggan yang diminta pelanggan

C.     LOKASI USAHA
                   Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting terhadap kelangsungan dan perkembangan usaha itu sendiri, untuk itu dalam pemilihan dan penentuan usaha perlu berhati-hati dan harus disesuaikan dengan usaha yang dijalankan berjalan lancar dan kelangsungan usaha terjamin.

D.    STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi yaitu suatu bagan yang disusun untuk mempermudah dan mengetahui gambar secara sistematis mengenai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu badan dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan.
Dalam suatu struktur organisasi nantinya kita akan mengetahui sistem manajemen dari organisasi tersebut kemudian dengan struktur organisasi itu akan lebih mudah melakukan koordinasi dan mengetahui tugas masing-masing.


Kewajiban dan tanggungjawab setiap bagian:
                   -          Pemimpin usaha
Bertanggungjawab penuh atas segala sesuatu yang terjadi dan berlangsung dalam proses usaha.
                   -          Administrasi
Mengurusi masalah keluar masuknya uang
                   -          Tenaga kerja
      Ÿ  Mengerjakan semua proses produksi
      Ÿ  Memasarkan barang dagangan
      Ÿ  Mematuhi peraturan dari pimpinan
      Ÿ  Mengerjakan proses memasak makanan usaha

E.     ANALISIS SWOT
                  a.      Strength (Keunggulan)
                         1.       Produk mudah dipasarkan
                         2.       Harga terjangkau
                  b.      Weakness (Kelemahan)
Membutuhkan tenaga kerja yang mampu membuat dan bisa dalam bidang elektronika.
                  c.       Opprtunity (Peluang)
Produk yang di jual berkualitas tinggi dan harga terjangkau.
                  d.      Treatment (Ancaman)
Adanya pesaing yang membuat lampu variasi lain dangan harga setara.

F.      KEUANGAN
Keuangan merupakan rincian dari biaya-biaya yang diperlukan dalam memperlihatkan biaya produksi, modal (investasi untuk modal awal berdirinya usaha), rencana penjualan, proyeksi, cashflow (1 bulan), perhitungan rugi dan laba dan neraca. Berikut adalah rinciannya:
                   a.       Sumber Modal Investasi
Pada tahap pertama menekankan penggunaan nilai investasi secara efektif dan efisien. Dalam udaha ini sumber modal saya peroleh dari tabungan sendiri, sebagai berikut:
Uraian
Jumlah
Modal sendiri
Rp. 500.000
Modal pembuatan produk
Rp. 10.000
Kemasan
Rp. 55.000
Papan PCB
Rp. 3.500
Timah solder
Rp. 5.000
LED
Rp. 30.000
Komponen
Rp. 20.000
                  
                   b.       Rencana Penjualan
Mengingat keterbatasan dana maka rencana penjualan usaha dalam 1 bulan pertama direncanakan sebagai berikut:
Produksi :
No
Uraian
Jumlah
Produksi (Unit)
Harga Satuan
(Rp)
Jumlah Produksi (Rp)
1
Minggu 1
10
Rp. 45.000
Rp. 450.000
2
Minggu 2
20
Rp. 45.000
Rp. 900.000
3
Minggu 3
30
Rp. 45.000
Rp. 1.350.000
4
Minggu 4
40
Rp. 45.000
Rp. 1.800.000
Jumlah
100
Rp. 45.000
Rp. 4.500.000

Penjualan
No
Uraian
Jumlah
Produksi (Unit)
Harga Jual
(Rp)
Jumlah Penjualan (Rp)
Laba (Rp)
1
Minggu 1
10
Rp. 55.000
Rp.  550.000
Rp. 100.000
2
Minggu 2
20
Rp. 55.000
Rp.  1.100.000
Rp. 200.000
3
Minggu 3
30
Rp. 55.000
Rp.  1.650.000
Rp. 300.000
4
Minggu 4
40
Rp. 55.000
Rp.  2.200.000
Rp. 400.000

Total
100
Rp. 55.000
Rp. 5.500.000
Rp. 1.000.000
      c.      Diperhitungkan Rugi – Laba
Uraian
Per bulan
Harga Pokok
Rp. 4.500.000
Penjualan
Rp. 5.500.000
Laba
Rp. 1.000.000

G.    PRODUKSI
Produksi adalah kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau faedah baru.
             A.     Jenis Produksi
Usaha yang kami jalankan ini berupa pembuatan distribusi dan penjualan “LAMPU VARIASI”.
             B.    Biaya Produksi
                   Pengeluaran biaya produksi pada usaha ini yaitu sebagai berikut :
     
Biaya bahan baku lampu variasi              : Rp. 35.000,-
Biaya pembuatan produk /tenaga kerja    : Rp. 10.000,-
Biaya kemasan             : Rp. 10.000,-   +

Jumlah biaya                                             : Rp. 55.000,-


H.    PEMASARAN
Dalam pemasaran produk menerapkan strategi yaitu “PRODUCT, PRICE, PROMOTION dan DISTRIBUTION”

            a.       Produk
               Didalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah pengembangan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri. Disamping itu untuk menarik pelanggan juga dibuat kemasan produk menarik dengan tidak kuno. Sehingga produk tersebut semakin mempunyai karakter.

            b.       Price (Harga)
                Dalam penetapan harga berpegang pada pemikiran bahwa kebijakan harga didasarkan atas tingkat harga yang wajar bagi dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Serta lebih penting lagi harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.
     

            c.       Promosi
                Pada tahap awal promosi yang dilakukan melalui promosi dari mulut ke mulut. Meskipun produk yang ditawarkan ini bukan produk baru. Disamping itu promosi juga dapat dilakukan dengan penitipan di toko-toko, dan iklan.
           
            d.      Distribusi
                Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan kepada konsumen yang membutuhkan. Distribusi dibagi menjadi dua macam, yaitu :
                                                                               1.       Distribusi secara langsung
                                                                               2.       Distribusi secara tidak langsung
         Mengenai hal tersebut usaha kami mendistribusikan barang secara langsung kepada konsumen/masyarakat dengan cara ini diharapkan produk ini dapat dikenal oleh masyarakat luas.

BAB VI
PENUTUP

Dan fakta yang ada saat ini, berdasarkan perencanaan yang kami buat ini, kami menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang dapat kita manfaatkan.
Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, kami memperkirakan akan memperoleh keberhasilan dalam belajar dan mohon maaf kepada semua pihak yang berperan dalam pembuatan proposal ini.
Usaha saya bergerak dalam bidang produksi LAMPU VARIASI tetap berusaha untuk mengedepankan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Usaha kami yang mulai dibentuk pada bulan Januari 2014.
Dalam pembuatan sampai penjualan LAMPU VARIASI yang merupakan produksi warga yang beralamat di Kabupaten Dharmasraya. Usaha yang kami jalankan merupakan usaha kecil yang mendapat modal dari kami bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar